• Sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum

    Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, ...

  • Category name clash

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. ...

  • Test with enclosures

    Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, ...

  • Block quotes

    Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec molestie facilisis ante. Ut a turpis ut ipsum pellentesque tincidunt. Morbi blandit sapien in mauris. Nulla lectus lorem, varius aliquet, ...

  • Contributor post, approved

    I'm just a lowly contributor. My posts must be approved by the editor.Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at ...

Oleh Dika Kurniawan

Jujutsu adalah nama dari beberapa macam aliran beladiri dari Jepang. Tidaklah betul jika dikatakan bahwa Ju-Jitsu mengacu pada satu macam beladiri saja.

Jujutsu pada dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan "Yawara-gi" atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara "menipu" lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri. Dari seni beladiri Jujutsu ini, lahirlah beberapa seni beladiri lainnya yang mempunyai konsep defensif serupa, yaitu Aikido dan Judo, keduanya juga berasal dari Jepang.

Jujutsu terdiri atas bermacam-macam aliran (Ryuha), namun pada garis besarnya terbagi atas dua "gaya", yaitu tradisional dan modern. Gerakan dari kedua macam "gaya" Jujutsu ini adalah hampir sama, namun jurus-jurus Jujutsu modern sudah disesuaikan dengan situasi pembelaan diri di zaman modern, sedangkan jurus-jurus Jujutsu tradisional biasanya mencerminkan situasi pembelaan diri di saat aliran Jujutsu yang bersangkutan diciptakan. Sebagai contoh, Jujutsu yang diciptakan di zaman Sengoku Jidai (sebelum Shogun Tokugawa berkuasa) menekankan pada pertarungan di medan perang dengan memakai baju besi (disebut Yoroi Kumi Uchi), sedangkan yang diciptakan di zaman Edo (sesudah Shogun Tokugawa berkuasa) menekankan pada beladiri dengan memakai pakaian sehari-hari (Suhada Jujutsu).

Teknik-teknik Jujutsu pada garis besarnya terdiri atas atemi waza (menyerang bagian yang lemah dari tubuh lawan), kansetsu waza/gyakudori (mengunci persendian lawan) dan nage waza (menjatuhkan lawan). Setiap aliran Jujutsu memiliki caranya sendiri untuk melakukan teknik-teknik tersebut diatas. Teknik-teknik tersebut lahir dari metode pembelaan diri kaum Samurai (prajurit perang zaman dahulu) di saat mereka kehilangan pedangnya, atau tidak ingin menggunakan pedangnya (misalnya karena tidak ingin melukai atau membunuh lawan).

Aliran Jujutsu yang tertua di Jepang adalah Takenouchi-ryu yang didirikan tahun 1532 oleh Pangeran Takenouchi Hisamori. Aliran-aliran lain yang terkenal antara lain adalah Shindo Yoshin-ryu yang didirikan oleh Matsuoka Katsunosuke pada tahun 1864, Daito-ryu yang didirikan oleh Takeda Sokaku pada tahun 1892, Hakko-ryu yang didirikan Okuyama Ryuho pada tahun 1942, dan banyak aliran lainya. sistem jiu-jitsu Jepang biasanya lebih menekankan pada melempar, immobilisasi dan menyematkan, bersama-penguncian, tersedak, dan teknik mencekik dibandingkan dengan sistem seni bela diri seperti karate. Atemi-waza (teknik mencolok) yang dipandang kurang penting dalam kebanyakan sistem Jepang yang lebih tua, karena samurai body armor dilindungi terhadap teknik mencolok banyak. The quanfa Cina / ch 'uan-fa (Kenpo atau kung fu) sistem fokus pada meninju, memukul, dan menendang lebih dari jiu-jitsu.

Orang Jepang sistem hakuda, Kenpo, dan menampilkan shubaku beberapa derajat pengaruh Cina dalam penekanan mereka pada atemi-waza. Sebagai perbandingan, sistem yang berasal lebih langsung dari sumber Jepang menunjukkan preferensi kurang untuk teknik tersebut. Namun, beberapa sekolah jiu-jitsu mungkin memiliki pengaruh Cina dalam pembangunan mereka. Ryu Jujutsu bervariasi dalam teknik mereka, dan banyak yang mencakup penekanan signifikan pada teknik mencolok, meskipun dalam beberapa gaya hanya sebagai set-up untuk teknik jepitan mereka.

Dalam jiu-jitsu, praktisi kereta dalam penggunaan bergerak berpotensi fatal banyak. Namun, karena mahasiswa kebanyakan kereta di lingkungan non-kompetitif, risiko diminimalkan. Siswa diajarkan keterampilan istirahat jatuh untuk memungkinkan mereka aman praktek dinyatakan berbahaya melempar.

Dalam jiu-jitsu, ada lima sektor utama ("seni") dari pelatihan. Yang pertama, Seni blokir, digunakan untuk membela terhadap serangan. Kedua, Seni dari Fulcrum Lemparkanlah, yang digunakan dalam judo modern. Yang ketiga, Seni titik tumpu-Non Melempar ini dipekerjakan melalui lemparan yang melibatkan kontak sedikit atau tidak dengan lawan. Yang keempat, Seni Escaping (Hakko-Dori), sangat penting dalam banyak gaya Jujutsu. kelima adalah Seni mencolok (Atemi-Waza).

Kata Jujutsu dapat dipecah menjadi dua bagian. "Ju" adalah sebuah konsep. Gagasan di balik makna Ju adalah "menjadi lembut", "untuk memberikan jalan", "untuk menghasilkan", "menggabungkan", "untuk keluar dari bahaya". "Jutsu" adalah asas atau "tindakan" bagian dari Ju-Jutsu. Dalam bahasa Jepang kata ini berarti ilmu pengetahuan atau seni.


0 komentar to "Jujutsu"

Posting Komentar

Blog tentang Beladiri dan Karya sastra saya

About Me

Foto saya
kediri, jawa timur, Indonesia
blog ini berisikan hoby saya (Beladiri) dan mengenai kesukaan saya (menulis puisi, cerita). Maka bila artikel artikel di blog saya ada yang tidak berkenan, saya mohon maaf.
Dika's Blog. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Pengunjung

Translater

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google